Web Hosting

OS Microsoft dari Masa ke Masa


1.    Disk Operating System (MS-DOS)
      Microsoft Disk Operating System atau MS-DOS, adalah sistem operasi yang menggunakan antarmuka command-line interface atau tampilan teks. MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, untuk fasilitas booting komputer dan menjalanknabeberapa aplikasi software, misalnya Lotus. Saat ini, DOS masih banyak digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan troubleshooting pada hardware komputer secara cepat.


2.     Windows 1.0
        Merupakan versi pertama dan debut dari OS Windows. OS ini berbasis GUI, namun GUI dalam Windows 1.0 adalah paket yang berjalan di atas DOS. Dirilis pada tanggal 10 November 1983.


3.     Windows 2.0
        Merupakan versi kedua dari OS berbasis GUI yang dirilis pada tanggal 9 Desember 1987 dan sudah mendukung banyak aplikasi dibandingkan dengan yang sebelumnya, misalnya Corel Draw dan PageMaker, serta bersamaan dengan rilisnya Microsft Excel dan Word untuk Windows.


4.      Windows 3.x
        Merupakan OS Windows versi ketiga yang berbasis GUI. Dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. OS ini memiliki tampilan GUI yang tampak lebih menarik dan mudah dalam megoperasikannya. Terdapat versi 3.00 yang dirilis pada tanggal 22 Mei 1990, 3.10 pada tanggal 6 April 1992 dan 3.11 tanggal  8 November 1993. Versi  3.10 dianggap sebagai best-selling GUI dalam sejarah karena sudah memiliki fitur multimedia yang lengkap (MIDI, Wave, dan CD-Audio).


5.      Windows 95
        Windows 95 dirilis pada tanggal 14 Agustus 1995 dan memperkenalkan menu "Start" untuk mengakses program-program yang sudah di-grup yang mengganti fitur lama Program Manager dan Windows Explorer pengganti File Manager.


6.     Windows 98
        Merupakan pengembangan upgrade dari OS Windows 95 dan diluncurkan pada 25 Juni 1998. Versi Windows 98 Second Edition (SE) memiliki penambahan fitur Internet Explorer 5 (IE5), DVD, Windows Driver Model, dan NetMeeting.


7.      Windows Millenium Edition(ME/Me)
        Windows ME dirilis untuk menggantikan versi OS Windows yang sebelumnya, yaitu Windows 98. Dirilis pada tanggal 14 September 2000.


8.     Windows2000
        Merupakan seri Windows yang berarsitektur Windows NT, menggantikan arsitektur model lama yang digunakan oleh OS Windows terdahulu, yaitu DOS. Dirilis pada tanggal 17 Februari 2000.


9.      Windows XP
        Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, serta dianggap gabungan ide dari sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x. "XP" adalah kependekan dari "Experience" dan berarsitektur Windows NT. Dirilis pada tanggal 25 Oktober 2001 dan sudah dikeluarkan Service Pack (SP) 1, SP2, dan SP3 untuk penambal lubang keamanan. Untuk temanya sendiri, Windows XP menggunakan tema bernama "Luna". Saat ini, masih banyak pengguna komputer yang masih mnggunakan Windows XP sebagai OS di komputer, karena kemudahan pemakaian yang user-friendly.


10.     Windows Server 2003
       Merupakan OS yang masih turunan Windows XP, namun lebih dikhususkan untuk keperluan komputer server, karena dilengkapi fitur-fitur yang diperlukan oleh server, serta penggunaan resource yang sedikit dan tidak ada visual style "Luna", sehingga menggunakan  tema Classic yang lebih ringan. Selain itu, dapat menjadikan Windows XP sebagai klien.


11.     Windows Vista
         Setelah lima tahun peluncuran Windows XP, Vista dirilis ke kalangan rumahan pada tanggal 30 Januari 2007. Menggunakan visual style yang berbeda dari sebelumnya, yaitu "Aero" yang memberikan kesan elegan dan bersih. Namun, itu semua harus dibayar dengan kebutuhan hardware yang sangat tinggi.


12.     Windows Server 2008
        Merupakan OS Server pengembangan dari Windows Server 2003 yang dirilis pada tanggal 15 Mei 2007 dan dapat mendukung sistem klien Windows Vista serta dibangun dengan kode yang sama dengan Vista. Karena OS ini berbasis server, maka kebutuhan hardware lebih ringan dari Vista. Sama halnya dengan Server 2003, tidak ada efek-efek dari tema "Aero", karena OS ini menggunakan tema Classic, namun ada sedikit kesan dari Vista, misalnya pada icon-icon.


13.  Windows 7
         Merupakan versi terbaru dari OS seri Windows yang menggantikan Vista yang baru berusia 2 tahun lebih dan jawaban Microsoft atas keluhan dari Vista mengenai hardware-support serta kekurangan yang ada pada Vista. Dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009. Windows 7 memiliki fitur-fitur baru dan peningkatan perfoma dari Windows 7. Selain itu, orang-orang beranggapan kalau OS ini memiliki gabungan "fitur Vista" dan "kemampuan XP".


Lain kali, saya akan mencari informasi yang sama mengenai OS Linux dan OS Macintosh yang akan dibahas dalam waktu yang akan datang.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



Kotak Pencarian Blog

Kategori



blog-indonesia.com

Pengikut

Shout It

Web Hosting