Web Hosting

GeeXboX, Distro HTPC


GeeXboX adalah distribusi linux embedded (dibuat untuk tujuan khusus) dan bersifat free, dan menjadikan komputer anda sebagai HTPC (Home Theatre PC) atau Media Center. Sebagai distribusi  (distro) berbasis Live-CD, GeeXboX siap di-boot dan bekerja pada komputer Pentium-x86 atau PowerPC Macintosh, tanpa software tambahan. Kita dapat menggunakan komputer diskless (tanpa hardisk), dan seluruh system GeeXboX di load kedalam RAM.
Walaupun ukuran file ISO GeeXboX sangan kecil, distribusi linux ini datang dengan kelengkapan dan deteksi otomatis hardware, tidak butuh driver untuk ditambahkan. GeeXboX banyak mendukung berbagai macam file audio/video, gambar dan semua codec dan container didalamnya, mengijinkan memainkan dengan berbagai media seperti CD, DVD, HDD, LAN atau Internet.
GeeXboX juga dilengkapi dengan beberapa tool yang memudahkan pengembang (developer) menambahkan paket dan feature sehingga menjadikannya distribusi linux embedded yang baru.

Download GeeXboX 1.2.4
Download GeeXbox 2.0-alpha2
Interface Enna untuk GeeXbox

Untuk versi yang lancar dan stabil, download dan gunakan versi 1.2.4.

Berikut ini adalah persiapan instalasi dengan menggunakan USB Flash Disk sebagai medianya yang saya dapatkan informasinya dari sini:
1. Siapkan FD kosong yang berformat FAT atau FAT32 dengan ukuran yang semakin besar, semakin baik, karena untuk diisi oleh video yang kita mau. Untuk minimalnya, sisa kapasitas instalasi yaitu 32 MB.
2. GeeXbox yang sudah didownload dalam bentuk .iso.
3. GeeXboX Win32 Installer

Untuk langkah-langkahnya :
1. Colok USB FD anda dan jalankan GeeXboX Win32 Installer.
2. Klik Next.
3. Klik I Agree.
4. Anda juga bisa menginstalasi ke partisi Windows, sehingga menjadi dual boot. Dalam praktek kali ini, kita akan menginstalasi ke FD, maka pilihlah Install to drive/partition dedicated to GeeXboX:
5. Klik Browse dan pilih file ISO yang sebelumnya anda download. Kemudian klik pada Process. Ini akan mempersiapkan ISO untuk instalasi ke USB drive.
6. Setelah selesai pemrosesan, klik tombol Next jika button sudah tersedia.
7. Pilih drive dari USB FD yang ingin anda instal GeeXboX. Bacalah peringatan dan kemudian klik Install, karena jika anda salah pilih partisi saja, maka bisa menyebabkan proses format data.
8. Tunggu proses instalasi GeeXboX ke FD anda. Instalasi mengambil waktu mungkin kurang lebih dari satu menit atau dua.
9. Klik Finish dan bootable USB FD GeeXboX anda siap untuk dipakai menjadi media center. Restart komputer dan atur boot pertama menjadi Removeable Media.
Selamat menikmati komputer anda yang menjadi HTPC.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



Kotak Pencarian Blog

Kategori



blog-indonesia.com

Pengikut

Shout It

Web Hosting